Hari Kesaktian Pancasila

**Hari Kesaktian Pancasila: Mengenang Peristiwa Tragedi 1 Oktober 1965**

Hari Kesaktian Pancasila, yang juga dikenal sebagai Hari Pancasila, adalah hari yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober di Indonesia. Hari ini memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, karena mengingatkan kita pada nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional.

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang diresmikan pada tanggal 18 Agustus 1945. Konsep Pancasila menggabungkan nilai-nilai keagamaan, kemanusiaan, sosial, dan politik, serta adil dan makmur. Hal ini mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam keragaman yang menjadi ciri khas Indonesia.

Namun, Hari Kesaktian Pancasila juga diperingati sebagai mengenang peristiwa tragis yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 1965. Pada tanggal tersebut, enam jenderal Indonesia yang terkenal, yaitu Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Soeprapto, Jenderal M.T. Haryono, Jenderal Siswondo Parman, Jenderal D.I. Panjaitan, dan Jenderal Abdul Haris Nasution, diculik dan akhirnya tewas dalam suatu peristiwa yang disebut G30S/PKI (Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia).

Peristiwa G30S/PKI adalah salah satu episode tersurat tergelap dalam sejarah Indonesia. Peristiwa ini menjadi katalisator bagi rezim Orde Baru yang dipimpin oleh Soeharto, yang memerintah Indonesia selama hampir tiga puluh tahun. Rezim Orde Baru didasarkan pada anti-komunisme dan penindasan terhadap pihak-pihak yang diduga terkait dengan Partai Komunis Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita tentang pentingnya memelihara nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi negara. Selain itu, hari ini juga menjadi momentum untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam peristiwa tragis tersebut dan menghormati pengorbanan mereka dalam melindungi Pancasila.

Pentingnya Hari Kesaktian Pancasila juga tercermin dalam berbagai kegiatan peringatan yang diadakan setiap tahunnya. Upacara bendera, pidato, seminar, dan kegiatan sosial lainnya menjadi bagian dari perayaan ini. Selama peringatan Hari Kesaktian Pancasila, masyarakat Indonesia dihimbau untuk mengenang nilai-nilai Pancasila, menghormati para pahlawan, dan merenungkan masa lalu yang kelam sebagai pelajaran berharga.

Dalam konteks dunia yang terus berubah, Hari Kesaktian Pancasila juga mengajarkan pentingnya menjaga persatuan dan kerukunan di tengah keragaman. Pancasila harus tetap menjadi perekat yang menyatukan bangsa Indonesia, memastikan bahwa nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan kebersamaan senantiasa menjadi panduan dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Nahh untuk warga SMANSAMORE marilah kita tundukkan kepala dan sejenak merenung betapa mulianya Pahlawan kita, Betapa saktinya perjuangan pahlawan kita, mari kita teruskan Perjuangan Pahlawan-Pahlawan kita dengan Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

SMANSAMORE Got Talent 2024
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Dengan bangga, SM...
SNBP & SNBT 2024
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Dengan penuh rasa...
SMANSAMORE Menyambut Ramadhan 14...
Salam sejahtera bagi seluruh civitas akademika SMA Negeri Glen...
Smansamore Back to School
Selamat kembali, Keluarga Besar SMA Negeri Glenmore! Hari pert...
Polresta Banyuwangi Gencar Sosia...
Polresta Banyuwangi turut memperkuat sinergi dengan masyarakat...
Pemperingati Hari Guru Nasional ...
SMA Negeri Glenmore merayakan Hari Guru Nasional 2023 dengan p...