Peringatan Sumpah Pemuda dan Puncak Bulan Bahasa 2023

Glenmore, 31 Oktober 2023 – SMA Negeri Glenmore menggelar peringatan Sumpah Pemuda 2023 yang meriah dan sarat makna pada tanggal 31 Oktober 2023. Sebagai bagian dari upaya untuk memupuk semangat persatuan dan kebangsaan, sekolah ini menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang memukau dan menginspirasi.

Kegiatan dimulai dengan Upacara Bendera pada pukul 07.00 WIB di halaman sekolah. Suasana khidmat pun turut mengisi udara ketika bendera merah putih dikibarkan dengan gagah, mengibarkan semangat persatuan dan kebangsaan. Dalam momen ini, seluruh elemen sekolah, termasuk siswa, guru, dan karyawan, turut meramaikan dengan menyanyikan lagu kebangsaan secara bersamaan. Suara merdu mereka menyatu dalam himpunan melodi kebangsaan, menciptakan atmosfer yang penuh penghormatan terhadap sejarah perjuangan dalam Sumpah Pemuda. Selain itu, sebagai bentuk penghargaan lebih lanjut, mereka juga mengucapkan Sumpah Pemuda sebagai tanda penghormatan kepada peristiwa bersejarah yang menjadi tonggak penting dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Halaman Upacara sekolah menjadi panggung magis bagi persembahan seni tari yang menggetarkan. Di bawah sinar matahari pagi, siswa-siswi SMA Negeri Glenmore dengan gemilang menampilkan keberagaman budaya Indonesia melalui gerakan tari yang memukau. Setiap langkah kaki mereka menjadi kisah, memadukan dengan indah elemen-elemen tradisional dan kontemporer. Keindahan dan kekayaan budaya Nusantara tercermin dalam setiap gerakan anggun yang dipadukan dengan ritme modern, menciptakan harmoni yang memukau para penonton. Kostum-kostum yang dipilih dengan teliti juga memberikan sentuhan khusus, memperkaya visual dan menyelaraskan makna di balik setiap tarian. Dengan penuh semangat, para penari menghadirkan potret hidup dari beragam budaya yang ada, seolah mengajak penonton untuk merasakan keindahan persatuan dalam perbedaan.

Penampilan selnajutnya adalah seni musik “Jokes Bnaad” Dengan kepiawaian mereka dalam bermusik, para siswa berhasil memukau seluruh penonton dengan harmoni musik yang tak hanya mengalun merdu tapi juga mampu menyentuh hati. Melalui penampilan mereka, “Jokes Band” berhasil menciptakan atmosfer yang menyejukkan, membawa pendengar dalam perjalanan melalui nada-nada yang penuh makna. Lagu-lagu yang dipilih dengan bijak tidak hanya sekadar menghibur, namun juga memiliki pesan yang mendalam, menggugah semangat persatuan di antara penonton. Setiap melodi yang dipersembahkan menjadi seruan yang menggetarkan jiwa, mengingatkan akan pentingnya solidaritas dan kebersamaan. Dengan penuh antusiasme, para penonton terbawa oleh alunan musik yang membangkitkan semangat kebangsaan, menciptakan momen yang tak terlupakan di peringatan Sumpah Pemuda kali ini.

Tidak hanya memadukan seni dan drama, sepanjang hari, SMA Negeri Glenmore juga menjadi saksi puncaknya Lomba Bahasa sebagai bagian dari perayaan Bulan Bahasa 2023. Lomba ini tidak sekadar menguji keterampilan berbahasa, tetapi juga menjadi ajang untuk mengasah kreativitas dan meningkatkan apresiasi terhadap keindahan bahasa Indonesia di kalangan siswa. Para siswa terlibat dalam lomba antar kelas yang melibatkan kegiatan unik, seperti perlombaan membuat pojok baca. Setiap kelas berlomba untuk menciptakan ruang baca yang inspiratif dan memikat, tidak hanya dari segi desain, tetapi juga isi dan konsepnya. Inovasi dan kreativitas siswa tercermin dalam setiap sudut pojok baca yang mereka rancang, menciptakan atmosfer membaca yang menggugah semangat literasi di kalangan sesama pelajar. Lomba Bahasa tidak hanya menjadi sarana untuk mengasah kemampuan linguistik, tetapi juga merangsang rasa cinta terhadap bahasa Indonesia.  Dengan tema Bulan Bahasa 2023 yang menekankan pentingnya menjaga keberagaman bahasa dan kekayaan sastra Indonesia, lomba ini menjadi wadah yang ideal untuk mendorong siswa menjadi pembaca dan penulis yang aktif, serta mengukir jejak kreativitas mereka dalam memahami dan mengapresiasi bahasa ibu kita.

Acara yang terakhir yaitu penerbitan Bulletin Insight Edisi 1. SMA Negeri Glenmore dengan bangga mengumumkan penerbitan Bulletin pertama mereka, “Bulletin Insight Edisi 1”, sebuah terbitan yang membawa sorotan kepada pemikiran inspiratif dan kekayaan sastra Indonesia. Bulletin ini diterbitkan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Bulan Bahasa tahun 2023, dengan tujuan menginspirasi serta memberikan wadah bagi siswa untuk mengekspresikan pemikiran dan kreativitas mereka.

Bulletin “Insight” memulai perjalanan inspirasionalnya dengan menyoroti pemikiran-pemikiran yang mendorong tindakan positif di kalangan siswa SMA Negeri Glenmore. Edisi pertama ini menggali gagasan-gagasan yang memotivasi aksi, mengajak pembaca untuk merenung dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya itu, “Bulletin Insight Edisi 1” juga menampilkan berita-berita terkini yang menginspirasi, menyoroti prestasi siswa, kegiatan sekolah, serta isu-isu aktual yang menjadi perhatian di kalangan pelajar. Melalui informasi yang relevan dan inspiratif, Bulletin ini bertujuan untuk menjembatani siswa dengan dunia di sekitar mereka, mengajak mereka untuk lebih peduli terhadap isu-isu global.

Sebagai wadah yang menghargai keberagaman sastra, ” BulletinInsight” juga mempersembahkan berbagai bentuk sastra bahasa Indonesia. Puisi, cerpen, dan esai dari siswa-siswi SMA Negeri Glenmore menjadi bagian tak terpisahkan dalam Bulletin ini, menampilkan kreativitas dan kecintaan mereka terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Kepala Sekolah SMA Negeri Glenmore menyatakan, “Bulletin ‘Insight Edisi 1’ tidak hanya sebagai penghormatan terhadap Bulan Bahasa, tetapi juga sebagai medium yang menggugah pemikiran dan membuka mata para siswa terhadap keindahan sastra Indonesia. Kami berharap Bulletin ini dapat menjadi sumber inspirasi dan wawasan bagi seluruh siswa, mendorong mereka untuk terus berkarya dan berkontribusi positif dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. “Bulletin Insight Edisi 1” hadir sebagai bukti komitmen SMA Negeri Glenmore dalam memupuk semangat literasi dan kecintaan terhadap budaya dan bahasa Indonesia. Bulletin ini dapat diakses oleh seluruh siswa dan tenaga pendidik, menjadi jendela yang membuka wawasan dan memotivasi untuk terus berkembang.

Kepala Sekolah SMA Negeri Glenmore, Bapak Minarto, S.Pd., M.T, menyampaikan, “Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk merenung dan memperkokoh semangat persatuan. Melalui berbagai kegiatan ini, kami berharap dapat mewujudkan generasi yang cinta tanah air, berbudaya, dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi.”

Rangkaian kegiatan ini tidak hanya menjadi momen bersejarah di SMA Negeri Glenmore, tetapi juga menjadi bukti nyata dari komitmen sekolah dalam mendidik generasi muda yang berakhlak, cerdas, dan memiliki rasa cinta tanah air. Semoga semangat Sumpah Pemuda terus berkobar di hati setiap siswa, menjadi pendorong untuk meraih masa depan yang gemilang.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

SMANSAMORE Got Talent 2024
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Dengan bangga, SM...
SNBP & SNBT 2024
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Dengan penuh rasa...
SMANSAMORE Menyambut Ramadhan 14...
Salam sejahtera bagi seluruh civitas akademika SMA Negeri Glen...
Smansamore Back to School
Selamat kembali, Keluarga Besar SMA Negeri Glenmore! Hari pert...
Polresta Banyuwangi Gencar Sosia...
Polresta Banyuwangi turut memperkuat sinergi dengan masyarakat...
Pemperingati Hari Guru Nasional ...
SMA Negeri Glenmore merayakan Hari Guru Nasional 2023 dengan p...