Tugas-Tugas Sekolah

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah berfungsi sebagai Edukator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator (EMASLIM).

  • Selaku Edukator: Melaksanakan proses pengajaran secara efektif dan efisien. Sebagai guru; Sebagai guru pembimbing, Membimbing karyawan, TU dan Laboran; Membimbing siswa; Mengembangkan staff; Mengikuli perkembangan ipielc Limbed conioh mengajar (BK) yang baik.
  • Selaku Manajer: Menyusun perencanaan program sekolah, Mengorganisasikan kegiatan, Mengarahkan (mengendalikan) kegiatan, Mengkoordinasikan kegiatan, Melaksanakan pengawasan, Menentukan kebijaksanaan, Mengadakan rapat mengambil keputusan, Mengatur proses belajar mengajar, Mengatur administrasi : Katatausahaan, Kesiswaan, Ketenagaan, Sarana prasarana, Keuangan; Mengoftimalkan sumberdaya sekolah; Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju pembelajaran yang kondusif, efektif, inovatif dan menyenangkan.
  • Selaku administrator: Mengelola administrasi KBM dan BK; Mengelola administrasi kesiswaan; Mengelola administrasi ketenagaan; Mengelola administrasi keuangan; Mengelola administrasi gedung sarana dan prasarana sekolah; Mengelola administrasi persuratan; Melakukan Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan pengendalian, Pengkoordinasian, Pengawasan, Evaluasi, Kurikulum, Kesiswaan, Ketatausahaan, Ketenagaan, Kantor, Keuangan, Perpustakaan, Laboratorium, Ruang keterampilan — kesenian, Bimbingan konseling, UKS, OSIS, Serbaguna, Media pembelajaran, Gudang, 7K, Sarana / prasarana dan perlengkapan lainnya.
  • Selaku Supervisor (Penyelia): Menyusun program supervisi pendidikan; Melaksanakan supervisi pendidikan; Memanfaatkan hasil supervisi; Melaksanakan supervisi terhadap proses belajar mengajar, Kegiatan bimbingan, Kegiatan ekstrAculikuler, Kegiatan kerja sama dengan masyarakat I instansi lain, Kegiatan ketatausahaan, Sarana dan prasarana, Kegiatan OSIS, Kegaitan 9K, Perpustakaan, Laboratorium, Kantin (warung) sekolah, Koperasi sekolah, Kehadiran guru, pegawai, dan siswa.
  • Sebagai Pemimpin (leader): Memiliki kepribadian yang kuat, jujur, percaya did, bertanggung jawab, berani mengambil keputusan, berjiwa besar, dapat mengendalikan diri, sebagai panutan; Memahami kondisi guru, karyawan, siswa dengan baik; Memiliki visi dan memahami nisi sekolah; Manpu mengambil keputusan; Mampu berkomunikasi.
  • Sebagai Inovator I Kewirausahaan: Mampu mencari gagasan baru untuk pembaharuan sekolah; Mengembangkan budaya mute; Melakukan pembaharuan dibidang KBM I BK; Melaksanakan pembaharuan dibidang pembinaan tenaga guru dan karyawan; Mampu berprestasi di sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler (LPIR, LKIR, IMO, IPO, ICHO, Olympiade, Mengarang, skill, dll); Meningkatkan daya saing secara global; Meningkatkan citra dan profesionafisme.
  • Sebagai Motivator (Pencipta iklim kerja): Mampu mengatur lingkungan kerja ball( fisik maupun non fisik; Menetapkan prinsip penghargaan (reward) dan hukuman (punishment); Menciptakan hubungan kerja yang demokratis, harmonis dan dinamis diantara guru, karyawan dan siswa, lingkungan masyarakat Menanamkan nilai-nilai nasionafisme.

Wakil Kepala Sekolah

Wakil Kepala Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan: Penyusunan rencana, pembuatan program kegiatan dan program pelaksana, Pengorganisasian, Pengarahan, Ketenagakerjaan, Pengkoordinasian, Pengawasan, Penilaian, ldentifikasi dan pengumpulan data, Pengembangan keunggulan, Penyusunan laporan.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum

Menyusun program pengajaran, Menyusun pembagian tugas dan jadwal pelajaran, Membuat dan Mengisi jurnal kurikulum, Menyusun jadwal dan pelaksanaan ulangan umum serta ujian akhir, Menetapkan kriteria persyaratan naik/tidak naik dan kriteria kelulusan, Mengatur jadwal penerimaan buku Doran penilaian hasil belajar dan STTB, Mengkoordinaslkan dan mengarahkan penyusunan satuan pembelajaran, Membina kegiatan MGMP (Team Teaching), Membina kegiatan sanggar MGMP, Menyiapkan siswa untuk lomba akademik, Membina dan mengembangkan kelas bidang mated olympiads (Matemafika, Bhs. lngris, IPA IPS, dan UK), Memeriksa perangkat pembelajaran (silalus, RPP, evaluasi, KKM, program pengayaan (remedial guru), Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada kepala sekolah.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan

Menyusun program pembinaan kesiswaan (OSIS), Membuat dan mengisi jurnal kegiatan kesiswaan, Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa (OSIS) dalam rangka menegakkan disiplin, Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi, Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan, kekeluargaan dan kesehatan (7K), Melaksanakan pemilihan pengurus OSIS, Melaksanakan MOS siswa baru, Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidental, Melaksanakan pemilihan siswa berprestasi dan calon siswa penerima beasiswa, Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan diluar sekolah, Menyusun program ekstia kurikuler : olahraga, kesenian, Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Hubungan Masyarakat

Menyusun program kegiatan Humas, Membuat dan mengisi jurnal kegiatan Humas, Mengatur dan meyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua (wali siswa), Menciptakan hubungan kekeluargaan yang harmonis guru (pegawai dan siswa), Membina hubungan antar sekolah dengan komite, alumni, dan tokoh masyarakat, Membina pengembangan hubungan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya, Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana Prasarana

Menyusun program kegiatan Sarana dan Prasarana, Membuat dan mengisi jurnal kegiatan sarana prasarana, Menyusun rencana kebutuhan sarana prasarana, Mengkoordinasi pendayagunaan sarana prasarana, Mengatur pengguna alat-alat pembelajaran, Melaksanakan penataan lingkungan sekolah, Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana secara berkala dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah.

Staf Waka Kurikulum

Membantu tugas-tugas waka kurikulum meliputi pembuatan jadwal pelajaran, pembuatan kelengkapan perangkat mengajar, mendokumentasikan hasil evaluasi belajar (UH, MID, Semester, Ujian kenaikan kelas, Ujian akhir sekolah)

Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Sekolah

  • Mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan melakukan veritikasi disertai analisis konteks berbasis pendidikan karakter bangsa sesuai SNP.
  • Meningkalkan efisiensi dan percepatan diseminasi kepada para pengguna dalam merintis sekolah menuju standar nasional
  • Mengembangkan jaringan kerjasama nasional dan internasional dalam rangka penguasaan IPTEK menuju school base managemen dan school base learning.
  • Mengembangkan kapasitas institusi menuju pengelolaan SSN yang profesional.
  • Memperbanyak kuantitas dan meningkatkan kualitas penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan.

TIM ICT (Imformation Comunication and Tecnology)

  • Menciptakan, merekayasa, dan mengembangkan administrasi sekolah berbasis tekriegt (School Base Management) meliputi Pembuatan program kegiatan dan program pelaksanaan, Pengorganisasian, Kepegawaian, Kesiswaan, Pengawasan, Penilaian, ldentifikasi dan pengumpulan data, Pengembangan keunggulan, Penyusunan laporan.
  • Menciptakan, merekayasa, dan mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi (School Base Learning) meliputi Pembuatan program kegiatan Pembelajaran dan program pelaksanaan pembelajaran , Penilaian, Media pembelajaran, E_learning, E_Iibrary, pengelolaan E_mail sekolah, Menata website sekolah, Pengembangan keunggulan sesuai dengan teknologi pembelajaran, Penyusunan evaluasi dan laporan.
  • Penataan pengembangan manajemen sekolah berbasis online (Management System Online) Menata sistem jaringan pada masing-masing titik, menata file data, mengatur penggunaan data dan printer sharing, mengembangkan pembelajaran online.

Koordinator (Pengelola)

Bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan melaksanakan tugas sesuai bidang pengelolaan, mengevaluasi dan melaporkan.

1.  Koordinator Perpustakaan

Merencakan pengadaan buku (bahan) pustaka media elektronik, Mengurus pelayanan pustaka, Merencanakan pengembangan perpustakaan, Memelihara dan perbaikan buku (bahan) pustaka/media elektronik, Menginventarisasi dan mengadministrasikan buku-buku/bahan pustaka/media elektronik, Menyimpan buku-buku perpustakaan media elektronik, Menyusun tata tertib perpustakaan, Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala.

2. Koordinator Laboratorium IPA

Merencanakan pengadaan alat dan bahan laboratorium IPA, Bersama laboran menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium IPA, Bersama laboran menyusun program tugas-tugas laboratorium IPA, Mengatur dan menyimpan daftar alat-alat laboratorium IPA, Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratirum IPA, Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat laboratorium IPA, Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium IPA. Mengatur kebersihan, pemeliharaan, perbaikan dan penyimpanan alat-alat bahan-bahan laboratorium IPA.

3. Koordinator Laboratorium Bahasa

Merencanakan pengadaan alat dan bahan laboratorium Bahasa, Bersama laboran menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium Bahasa, Bersama laboran menyusun program tugas-tugas laboratorium Bahasa, Mengatur dan menyimpan daftar alat-alat laboratorium Bahasa, Memelihara dan perbaikah alat-alat laboratirum Bahasa, Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat laboratorium Bahasa, Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium Bahasa. Mengatur kebersihan, perneliharaan, perbalan dan penyimpanan alat-alat bahan-bahan laboratorium Bahasa, Menyusun Ivoran penggunaan lab Bahasa kepada Kepala Sekolah.

4. Koordinator Laboratorium Komputer

Laboran Laboratorium Komputer bertugas merencanakan pengadaan aiat, bahan dan barang untuk komputer, Membersihkan dan merawat perangkat komputer, Memeriksa stabilitas aliran Memperbaiki (menyimpan) alat, bahan, barang yang tidak terpakai, Membuat (mengatur) jadwal penggunaan laboratorium Infonnatika Teknologi, Menginventarisir dan mengadministrasikan alat, bahan dan barang, Menyusun laporan pendayagunaan (pemanfaatan) kepada Kepala Sekolah.

5. Koordinator Laboratorium IPS (Seni)

Merencanakan pengadaan alat dan bahan laboratorium IPS (Seni), menyusun jadwal dan tata terlib penggunaan laboratorium IPS (Seni), menyusun program tugas-tugas laboratorium IPS I Seni, Mengatur dan menyimpan ciaftar alat-alat laboratorium IPS (Seni), Memelihara alat alat laboratirum IPS (Seni), Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat laboratorium IPS (Seni), Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laborabrium IPS (Seni). Mengatur kebersihan, pemeliharaan, perbaikan dan penyimpanan alat-alat bahan-bahan laboratorium IPS (Seni).

6. Koordinator BK

Merencanakan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling, Membuat jadwal pelaksanaan kegiatan bimbingan dan Konseling, Melaksanakan kegiatan Bimbingan dan Konseling, membuat jumal kegiatan Bimbingan dan Konseling, memngevaluasi hasil kegiatan Bimbingan dan Konseling, mengadakan tes uji kompetensi dan kemampuan (IQ), membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan Bimbingan dan Konseling kepada Kepala Sekolah.

7. Kepala Tenaga Administrasi Sekolah (KaTAS)

Bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan melaksanakan administrasi sekolah meliputi kegiatan sebagai berikut : Menyusun program kerja TAS, Melaksanakan program kerja TAS, Mengurus administrasi ketenagaan dan kesiswaan, kurikulum dan umum, Membina dan mengembangkan kompetensi tenaga administrasi sekolah, Menyusun administrasi perlengkapan sekolah, Menyusun dan pengajian data (statistic) sekolah, Mengawasi dan mengendalikan pembagian tugas pegawai, Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala, Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah.

Pembina OSIS

Bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah kepada Kepala Sekolah serta memiliki tugas : memberi nasehat kepada perwakilan kelas dan pengurus, mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas, mengesahkan dan melantik pengurus OSIS dengan surat keputusan kepala sekolah, mengarahkan penyusunan anggaran rumah tangga dan program kerja OSIS, menghadiri rapat-rapat OSIS, mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS.

  • Pembina I (Penanaman Rasa Idealisms Patriotisme, persatuan dan kesatuan; Penanaman KHBB serta pemahaman HAM; Pend. Politik & Pembinaan kepemimpinan; Pengembangan penguasaan iptek). Bersama siswa menyusun program, melaksanakan dan mengadakan pembinaan terhadap terciptanya wawasan wiyata mandala, Memberikan days tangkal pada did siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari lua maupun dari dalam lingkungan sekolah. Membuat laporan hasil kegiatan.
  • Pembina II (Pemahaman dan pengamalan imtaq thd TYE; Pembinaan dan pemahaman persepsi ekspresi dan kreasi seni; Pembentukan kepribadian & budi pekerti luhur). Bersama siswa menyusun program, melaksanakan program, dan mengadakan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Menumbuhkan kondisi siswa dalam apresiasi dan penghayatan saWm, Mengembangan jiwa dan semangat belajar yang tinggi serta menumbuhkan nilai-nila moral agama. Membuat laporan hasil kegiatan.
  • Pembina III (Pend. Ketrampilan den Kewirausahaan; Penanaman & Pembentukan daya kreasi dan Kesegaran Jasmani; Pend. Kependudukan & Lingkungan Hidup). Bersama siswa menyusun program, melaksanakan program, Mengadakan pembinaan terhadap terciptanya kompetensi wira usaha, daya kreasi, kesegaan jasmani dan rokhani dan pemahaman terhadap lingkungan hidup, Membuat laporan hasil kegiatan.

Bendahara

Membukukan arus uang masuk dan keluar. Mengadministrasikan keuangan sekolah sesuai dengan petunjuk. Setiap pengeluaran keuangan harus sepengetahuan/persetujuan Kepala Sekolah. Mengendalikan keuangan sesuai dengan RKAS. Menyusun laporan keuangan secara rutin dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah.

1. Bendahara (Gaji, Bomm, BKSM)

a. Bendahara Sekolah dan Gaji – Mencairkan (mendistribusikan) anggaran sesuai dengan pengguna anggaran (BOMM, BKSM, Block grant atau bantuan lainya), Menerima pengajuan permohonan dana BOMM, BKSM, Block grant sesuai RKAS, Melaksanakan verifikasi SPJ anggaran sesuai dengan RKAS. Melakukan pengawasan terhadap pengeluaran dan penggunaan dana pada setiap sub kegiatan sesuai RKAS.

Membuat daftar gaji sesuai dengan format dan ketentuan system penggajian pegawai, Menerima uang dari Bank I bendahara sekolah dalam melaksanakan pembayaran gaji pegawai. Membayar gaji dan honorarium/Insentif/transport serta kesejahteraan Guru/Pegawai pada waktai yang tepat Melaporkan kegiatan yang berkaitan dengan penggajian

b. Staf teknis Bendahara BOMM Pusat dan Daerah – Membuat program anggaran BOMM, melakukan pembagian anggaran sesuai RKAS yang telah ditetapkan, Melakukan pembukuan sesuai pos anggaran yang digunakan pada masing­masing bidang kegiatan, Meminta pertanggungjawaban pada masing-masing pengguna anggaran yang berkaitan dengan kuitansi pembelanjaan/bukti fisik penggunaan dan membukukan sesuai pos anggaran. Membuat laporan pertanggungjawaban sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

c. Staf teknis Bendahara BKSM – Membuat program anggaran BKSM, melakukan pembagian anggaran sesuai RKAS yang telah ditetapkan, Melakukan pembukuan sesuai pos anggaran yang digunakan pada masing­masing bidang kegiatan, Meminta pertanggungjawaban pada masing-masing pengguna anggaran yang berkaitan dengan kuitansi pembelanjaan / bukti fisik penggunaan dan membukukan sesuai pos anggaran. Membuat laporan pertanggungjawaban sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

2. Bendahara Komite Sekolah

Membuat perencanaan anggaran yang akan disampaikan kepada komite sekolah, membantu pembukuan keuangan dari wall murid atau pihak lain yang berkaitan dengan dana partisipasi orangtua siswa, pengusaha, investor untuk menunjang kegiatan sekolah. Membagi penggunaan keuangan sesuai dengan pos anggaran yang telah dltetapkan komite dengan pihak sekolah. Melaporkan pertanggungjawaban penggunaan anggaran setiap periode kepada kepala sekolah yang disetujui oleh komite sekolah.

3. Bendahara Koperasi Sekolah

Membuat perencanaan anggaran kopsek bersama anggota, Melakukan pembukuan kopsek, memenuhi kebutuhan kopsek, Meninggkatkan kinerja pengurus kopsek untuk memperoleh SHU sesuai target. Pembuatan neraca hasil yang dicapai oleh kopsek, melaksanakan RAT.

4. Bendahara Dansos dan Kesejahteraan

Membuat perencanaan anggaran kegiatan penggunaan Dansos, Melakukan pencarian dana sesuai kebutuhan pada rencana kegiatan Dansos, penggalangan dana melalui donatur (simpatisan) disekotah ataupun diluar sekolah. Membuat pembukuan penggunaan anggaran Dansos, Menghimpun dana untuk kesejahteraan, mendistribusikan dana kesejahteraan sesuai dengan rencana kegiatan. Membuat pembukuan penggunaan anggaran kesejahteraan.

Wali Kelas

Membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan pengeblaan kelas, yang memiliki togas : Menyusun program kegiatan kelas, terlaksanan kegiatan 9K di kelas, mempersiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan upacara bendera, membantu kelancaran penyelesaian administrasi sekolah. Melengkapi administrasi kelas antara lain denah tempat duduk siswa, papan absen siswa, daftar pelajaran siswa, daftar piket kelas, buku absen, jurnal kelas, tata tertib siswa. Bertanggung jawab atas kemajuan (perkembangan) dan prestasi siswa melalui kerjasama dengan guru BK dan orang tua, Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (legger), Pencatatan mutasi siswa, Pembuatan catatan khusus untuk pembinaan tentang siswa (pelanggaran disiplin, ketidakhadiran), Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar, Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar.

TIM Pengendali Kedisiplinan

Merumuskan peraturan tata tertib yang memuat hak, kewajiban, penghargaan, larangan dan sangsi yang mencerminkan visi dan misi sekolah, Bersama dengan togas sekolah yang lain menciptakan susana kondusif sesuai dengan nilai-nailai dalam 9K (keamanan, kebersihan, kesehatan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, ketindangan dan keteladanan seda keterbukaan), Memberikan rekomendasi siswa yang melakukan pelanggaran kepada wall kelas dan BK, Merekapitulasi hasil pelaksanaan kedisiplinan pada buku pengendali kedisiplinan. Membuat laporan hasil kegiatan setiap minggu kepada wakasis.

Pembina Ekstra Pengembangan diri

Membuat perencanaan program pengembangan diri (ekstrakurikuler) sesuai dengan bidang kegiatanya, Mengadakan koordinasi dengan seluruh pembina ekstra berkaitan dengan rekrutmen, jadwal dan sistem penilaian pada kegiatan ekstra. Menjaring siswa untuk ikut dalam kegiatan pengembangan did di tingkat sekolah maupun kegiatan di luar sekolah. Mencatat siswa yang berprestasi dibidang kegiatan ekstra. Melaporkan hasil kegiatan pembinaan ekstra kepada wakasis.

Piket Pembelajaran

Melaksanakan piket agar terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif, Mencatat seluruh kegiatan yang terjadi selama piket berlangsung, Melaporkan hasilnya kedalam buku jumal piket pembelajaran.

  • Piket Guru. Melaksanakan tugas piket pembelajaran di kelas bila ada jam kosong, mengkondisikan kelas untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar, Menyiapkan perangkat siswa terlambat ijin masuk, ijin pulang di ruang Administrasi, Merekapitulasi pelaksanaan kegiatan piket pada buku jurnal piket guru.
  • Piket BK. Melaksanakan tugas pket pembelajaran berkaitan dengan bimbingan siswa, Menangani kasus siswa yang telah direkomendasikan ke BK, Merekapitulasi kegiatan piket BK pada jumal piket BK.
  • Piket Wakasek. Melaksanakan tugas piket pembelajaran di sekolah, Menciptakan suasana kondusif pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan kedisiplinan siswa, Menandatangani surat ijin masuk (pulang), Menerima tamu, Melaksanakan tugas khusus dai kepala sekolah yang tertuang dalam buku penghubung. Merekapitulasi kegiatan piket wakasek pada jumal piket waka.

Pembiasaan

Membuat perencanaan program kegiatan Pembiasaan, Melaksanakan program pembiasaan sekolah, Membuat jadwal pembiasan, Melaksanakan evaluasi hasil kegiatan pembiasaan (setiap minggu, bulan dan semester), Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan pembiasaan kepada kepala sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Upcoming Events

  • no upcoming events

Quote

Orang cerdas diukur dari jawaban atas pertanyaan yang diajukan. Orang bijak dinilai dari pertanyaan yang dia ajukan. — Naguib Mahfouz

Kategori